Thursday, August 11, 2011

Gerakan sederhana untuk mendapat gaya hidup sehat


Seperti yang kita tahu sebelumnya, bahwa untuk memiliki gaya hidup sehat kita tidak perlu melakukan hal yang berlebihan dalam hidup kita. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana, yang biasa kita lakukan sehari-hari, agar kita memperoleh hidup yang sehat.

Anda dapat memulai proses gaya hidup sehat mulai dari sekarang juga yaitu dengan menambahkan aktivitas sedikit lebih banyak dalam hidup Anda. Jika Anda tidak siap untuk program terstruktur, atau terlalu menghabiskan banyak uang dan waktu untuk hal-hal tersebut mulailah dari hal yang kecil. Gerakan-gerakan yang kecil tersebut sedikit demi sedikit dapat membakar lebih banyak kalori.gerakan tersebut misalnya:
• Buatlah di hari minggu, hari tanpa menyalakan TV. Sekali seminggu, matikan TV anda dan melakukan sesuatu yang sedikit lebih yang menggerakan fisik dengan keluarga Anda. Seperti: Bermain game, jalan-jalan, hampir segala sesuatu akan lebih aktif daripada duduk di sofa.
• Berjalan lebih. Carilah cara-cara kecil untuk berjalan lebih. Ketika Anda mendapatkan surat, berjalan-jalan di sekitar blok, berjalan di treadmill Anda selama 5 menit sebelum bersiap-siap untuk bekerja.

• lakukan beberapa tugas pekerjaan rumah. Seperti menyetrika baju, menyapu lantai, atau bagi anda yang hobi berkebun, membersihkan dedaunan di taman kegiatan semacam ini mungkin tidak membutuhkan latihan lama, tetapi mereka dapat membuat Anda tetap bergerak sementara tanpa anda sadari rumahpun menjadi bersih.

Buatlah daftar dari semua kegiatan fisik yang Anda lakukan pada hari-hari biasa. Jika Anda menemukan bahwa sebagian besar waktu Anda dihabiskan duduk dan kurang bergerak, maka ada baiknya jika anda membuat daftar baru dimana didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan yang membuat anda banyak bergerak daripada hanya duduk dan menonton TV. Jika anda melakuaknnya dengan tekun maka anda dapat melihat hasilnya, gaya hidup sehat dapat anda peroleh dengan cara yang mudah.

Selamat mencoba.

Source: http://exercise.about.com

No comments:

Post a Comment