Tuesday, May 3, 2011

Asal Mula lipstick


Bagaimanakah asal mula lipstick?

Yang pasti asalnya dari ratu kecantikan sedunia pada jaman Mesir kuno dulu. Si Ratu Cleopatra. Ia mengunakan kumbang merah yang dihancurkan dan semut sebagai dasar warna pada bibirnya. Hmm bagaimana rasanya ya? Tapi tak heran jika Cleopatra disebut sebagai ratu kecantikan.

Lipstick mulai menjadi terkenal dikalangan wanita semenjak abad ke-16, di Inggris. Yang mempopulerkannya adalah Ratu Elisabeth I, yang menggunakan lipstick merah pada dasar wajahnya yang putih hingga membuatnya tampak cantik. Pada waktu itu lipstick terbuat dari lilin tawon atau lebah dan warna merah dari tumbuhan yang berwarna merah. Pada jaman ini yang menggunakan liptick hanyalah orang-orang kelas atas dan artis.

Pada tahun 1770 di inggris yang boleh menggunakan lipstick hanya orang yang sudah menikah. Peraturan ini merupakan hukum di inggris pada jaman itu.

Akhir abad 19, lipstick dibuat oleh sebuah perusahaan Prancis yang bernama Guerlain. Lipstick ini terbuat dari lemak rusa, minyak sayuran dan lilin tawon. Di Amerika, lipstick meggunakan pewarna dari serangga yang hidup dipohon kaktus. Saat itu lipstik belum berbentuk tube, tetapi penggunaannya masih menggunakan kuas. Perempuannya hanya menggunakannya di rumah.

Tahun 1880, Sarah Bernhardt, seorang artis, untuk petama kalinya menggunaka lipstick di publik. Setelah tahun 1912, barulah lipstick dapat diterima oleh masyarakat luas.


Memasuki abad 20, lipstik telah menjadi trend. Hampir semua wanita mengenal lipstik. Di abad ini lipstick semakin berkembang. Warna merah gelap telah menjadi trend pada abad ini.


Tahun 1937, sebuah penelitian menuliskan bahwa 50% remaja perempuan berkelahi dengan orang tuanya karena penggunaan lipstick. Pada jaman ini, lipstick telah banyak digunakan oleh remaja. Pada tahun 1950, ahli kimia dari American, Hazel Bishop mengembangkan lipstik pertama di dunia yang tidak mudah menempel, tidak berantakan, dan tahan lama.

Tahun 1970, lipstick telah tampil dengan berbagai warna yang nge-jreng, seperti Biru, Hijau, Ungu dan warna-warna metalik. Lipstick warna hitam menjadi populer diakhir tahun 70-an. Lipstick warna hitam digunakan untuk pemain-pemain film horor dan juga menjadi trend dikalangan Punk dan Gothic.

Kini makin banyak perusahaan yang produksi lipstick karena lipstick telah menjadi kebutuhan untuk setiap wanita cantik.






Sumber: www.wikipedia.org
http://id.oriflame.com/products/show-colour-cosmetics.jhtml?tag=lipstick

No comments:

Post a Comment